Tugas 1

ini adalah tugas selama saya belajar.

Perhatian :jika ingin mengcopy harap sertakan linknya

terimakasih.

Tuton Bahasa Indonesia/MKDU4110

 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan nasional dan Bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional.

Jawab:   Sebagai lambang kebanggaan nasional, Bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan kita. Atas dasar kebanggaan ini, Bahasa Indonesia kita pelihara dan kita kembangkan serta rasa kebanggaan pemakainya senantiasa kita bina.

Sebagai lambang identitas nasional, Bahasa Indonesia kita junjung disamping bendera merah putih dan lambang negara kita. Di dalam melaksanakan fungsi ini Bahasa Indonesia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri pula sehingga serasi dengan lambang kebangsaan kita yang lain. Bahasa Indonesia dapat memiliki identitasnya hanya apabila masyarakat pemakainya membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain.

 

  1. Tuliskan fungsi-fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Jawab: A. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan.

Kedudukan pertama dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. Mulai saat itu dipakailah bahasa Indonesia dalam segala upacara, peristiwa, dan kegiatan kenegaraan baik dalam bentuk lisan maupun tulis.

  1. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.

Kedudukan kedua dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak, maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak juga harus berbahasa Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan menerjemahkan buku-buku yang berbahasa asing atau menyusunnya sendiri. Cara ini akan sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan teknolologi (iptek)

  1. Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah,

Kedudukan ketiga dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu hendaknya diadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa. Tujuan agar isi atau pesan yang disampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh masyarakat.

  1. Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi.

Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya. Karena sangatlah tidak mungkin bila suatu buku yang menjelaskan tentang suatu kebudayaan daerah, ditulis dengan menggunakan bahasa daerah itu sendiri, dan menyebabkan orang lain belum tentu akan mengerti.

 

  1. Setujukah Anda bila dikatakan bahwa bahasa itu indah, produktif , dan dinamis? Jelaskan pendapat Anda dan berikan masing-masing contohnya.

Jawab: Menurut saya kalau, bahasa itu indah, saya tidak setuju karena tidak semua bahasa indah didengar. Contoh: ada perpaduan bunyi yang tidak indah didengar dan sifatnya juga tidak indah

Tapi ada bahasa itu indah,  Contohnya:  Jika engkau bersifat dermawan, semua orang dapat engkau tawan. Penjelasan perpaduan bunyi dermawan dan tawan muncul sifat indah

Menurut saya kalau, bahasa itu produktif, saya setuju karena bahasa bersifat produktif yang artinya: sejumlah besar unsur yang terbatas, namun dapat dibuat satuan-satuan ujaran yang hampir tidak terbatas. Contohnya: sakit; sakti; sikat;taksi; tasik; kasti; kista. Penjelasan lima fonem yang sama menghasilkan banyak kata yang berbeda makna.

Menurut saya kalau, bahasa itu dinamis, saya setuju karena bahasa bersifat dinamis berarti bahwa bahasa itu tidak lepas dari berbagai kemungkinan perubahan sewaktu-waktu dapat terjadi. Perubahan itu dapat terjadi pada tataran : fonologis, morfologis, sintaksis, semantik dan leksikon. Pada setiap waktu mungkin terdapat kosa kata baru yang muncul, tetapi juga ada kosa kata lama yang tenggelam, tidak digunakan lagi.Contohnya: Mandja (Manja), Daja (Daya,) Tjina (Cina), Goeroe (Guru), Njamoek (nyamuk), Sjair (Syair), Chasiat (Khasiat). Penjelasannya ejaan lama yang tidak memakai kurung, ejaan baru pakai kurung

 

  1. Isilah kolom yang kosong pada table berikut ini.
 

Keterampilan Berbahasa

 

Lisan Tulis Sifat
    aktif reseptif
    aktif produktif

 

Jelaskan isi atau maksud table tersebut dengan bahasa Anda secara efektif.

Jawab:

Reseptif  maksudnya adalah memahami pesan yang disampaikan oleh seseoarang melalui bahasa, yang disampaikan secara lisan maupun tertulis.Produktif maksudnya  adalah orang yang menghasilkan pesan yang disampaikan kepada orang lain.

Keterampilan Berbahasa: Lisan, yang Bersifat Reseptif  (memahami).

Menyimak berita di liputan 6 pagi, tentang: “Gunung Slamet Erupsi, Status Gunung Slamet Tetap  Siaga”. Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan, tak terekam  gempa vulkanik dangkal maupun gempa vulkanik dalam dari aktivitas Gunung Slamet. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam 12 jam terakhir gunung itu teramati 7 kali mengeluarkan sinar api setinggi 100-800 meter. Gunung Slamet juga 6 kali melontarkan lava pijar tinggi 200-500 meter dari puncak, dari sisi kegempaan, terekam 48 kali gempa embusan, 11 kali gempa letusan, dan 2 kali tremor harmonik.pada hari Kamis , pengamatan dari jam 00.00-06.00 WIB, secara visual teramati 1 kali letusan abu tebal kehitaman tinggi 500 meter dari puncak yang condong ke arah barat daya dan terdengar 1 kali suara dentuman sedang. Kegempaan terekam 104 kali gempa embusan, 27 kali gempa letusan, dan 1 kali tremor harmonik.Masyarakat diminta agar tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak gunung slamet

Keterampilan Berbahasa: Lisan, yang Bersifat Produktif (Menghasilkan)

Berbicara, Ceramah tentang:”Kewajiban Menutup Aurat”. Saudaraku yang seiman Aurat secara bahasa adalah segala sesuatu yang di dalamnnya terdapat kekurangan dan keburukan sehingga harus ditutupi dan tidak dibiarkan terbuka, terlihat oleh orang lain yang tidak halal melihatnya.Oleh agama, baik laki laki maupun perempuan diperintahkan menutupi auratnya. Aurat bagi laki laki adalah kulit (badan) antara pusar dan kedua lututnya. Sedangkan bagi wanita, baik ketika shalat maupun di luar shalat adalah seluruh badannya, kecuali wajah dan telapak tangan.Sungguh menyedihkan, masih banyak muslimah yang mebedakan antara aurat ketika shalat dan di luar shalat. Mereka mengira bahwa menutup seluruh tubuh itu hanya dilakukan ketika shalat. Adapun setelah shalat, mereka melepas mukena untuk kembali lagi bersolek dan memamerkan auratnya.Karenanya, tradisi memakai mukena ketika shalat mungkin hanya ditemukan di Indonesia. Dan termasuk pemahaman yang salah bahwa wanita ketika shalat harus memakai mukena. Yang benar adalah shalat harus menutup aurat, bukan memakai mukena.  Perlu jamaah diketahui bahwa perintah wajibnya menutup aurat seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan bagi muslimah balighah (wanita dewasa) telah ditegaskan dalam Al quran maupun hadis yang artinya:

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak- anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (an-Nur: 31).

Dari sebuah hadis shahih Rasulullah saw mengancam wanita yang mengumbar auratnya dengan azab yang amat pedih. Rasulullah saw bersabda yang artinya :

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat. Pertama: satu kaum yang memiliki cemeti cemeti seperti ekor sapi, yang dengannya mereka memukul manusia. Kedua: para wanita yang berpakaian tapi telanjang. Mereka menyimpangkan dan menyelewengkan orang dari kebenaran. Kepala kepala seperti punuk unta yang miring atau condong. Mereka ini tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium wangi surga, padahal wangi surga sudah tercium dari jarak perjalanan sejauh ini dan itu. (HR Muslim)”

Karena perintah kewajiban menutup aurat (termasuk memakai jilbab) adalah sama dengan perintah menunaikan ibadah shalat. Keduanya berlandaskan kepada Al Quran.

Kalau ada sebagaian orang yang mengatakan bahwa perintah pada ayat al-Ahzab: 59 itu turun untuk membedakan antara orang merdeka dengan budak, maka kita bisa menjawabnya, bahwa kaidah ilmu tafsir yang benar adalah keumuman suatu ayat menjadi standar hukum, bukan kekhususan sebab turunnya suatu ayat. Sedangkan standar syar’i untuk pakaian menutup aurat adalah:

  1. Mampu menutupi warna kulit dari luar (tidak transparan).
  2. Harus longgar dan tidak membentuk lekukan tubuh.
  3. Tidak menyerupai pakaian khas laki laki maupun perempuan dan

sebaliknya.

Maka, dari itu tutuplah aurat saudaraku !

Keterampilan Berbahasa: Tulis, yang Bersifat Reseptif  (memahami)

 

Membaca tentang:  “Galaksi Terkecil Dihuni Lubang Hitam Raksasa”. Sebuah galaksi terkecil yang dikenali manusia ternyata dihuni sebuah lubang hitam raksasa. Tim astronom dari Universitas Utah menemukan lubang hitam raksasa itu di sebuah galaksi mini yang dilabeli M60-UCD1. Ukuran lubang hitam di dalam galaksi itu setara dengan 21 juta kali massa matahari yang ada di tata surya manusia. Anil Seth, pemimpin riset astronomi, mengatakan galaksi tersebut adalah obyek luar angkasa terkecil dan teringan yang memiliki lubang hitam dengan ukuran begitu besar. “Itu juga menjadi salah satu galaksi yang didominasi oleh lubang hitam,” kata Seth seperti ditulis laman Universitas Utah, 17 September 2014. Hasil temuan Seth dan koleganya sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature. Para astronom memakai Gemini North, teleskop inframerah berdiameter delapan meter di Mauna Kea, Hawaii, untuk melacak M60-UCD1. Mereka juga menggunakan data foto dari teleskop luar angkasa Hubble. Galaksi kecil itu diperkirakan adalah sisa dari galaksi besar yang hancur saat bertabrakan dengan galaksi lain. Temuan mereka mengindikasikan ada banyak galaksi “mini” serupa yang dihuni lubang hitam berukuran raksasa. Seth mengatakan para astronom tidak tahu bagaimana sebuah galaksi kecil bisa memuat lubang hitam raksasa. “Ada begitu banyak galaksi kecil serupa dan mereka mungkin memiliki lebih banyak lubang hitam raksasa di pusatnya ketimbang galaksi berukuran normal,” kata asisten profesor bidang fisika dan astronomi itu. Lubang hitam adalah bintang-bintang mati yang memiliki tarikan gravitasi luar biasa kuat sehingga cahaya pun tersedot. Lubang hitam raksasa biasanya berukuran minimal satu juta kali massa matahari. Obyek raksasa penyedot cahaya itu diperkirakan ada di pusat setiap galaksi. Galaksi Bima Sakti sendiri memiliki lubang hitam di bagian pusatnya dengan ukuran 4 juta kali massa matahari. Meski tergolong lubang hitam raksasa, ukurannya cuma 0,01 persen dari massa Bima Sakti yang diperkirakan sekitar 50 miliar lebih besar dari matahari. Sebagai perbandingan, lubang hitam raksasa di galaksi “mini” M60-UCD1 empat kali lipat dari yang ada di Bima Sakti. Namun proporsi ukuran lubang hitam itu mencapai 15 persen dari ukuran M60-UCD1 yang diperkirakan sekitar 140 juta kali massa matahari. “Itu luar biasa, karena Bima Sakti 500 kali lebih besar dan 1.000 kali lebih berat ketimbang galaksi M60-UCD1,” kata Seth. Menurut Seth, M60-UCD1 dulunya mungkin sebuah galaksi besar dengan 10 miliar bintang di dalamnya. Namun obyek itu bergerak terlalu dekat dengan galaksi yang lebih besar, M60, lalu ada bintang-bintang dan materi hitam di bagian luar galaksi terpencar dan menyatu dengan M60. “Kemungkinan itu terjadi sekitar 10 miliar tahun lalu, namun kami tak tahu waktu pastinya,” ujar dia. M60 adalah salah satu galaksi raksasa yang dijuluki jagat raya lokal. M60 juga diketahui tengah menarik galaksi lain, NGC4647, yang ukurannya 25 kali lebih kecil. Sumber: Tempo

Keterampilan Berbahasa: Tulis, yang Bersifat Produktif (Menghasilkan)

Menulis, puisi dengan judul :

” Salahkah” ?

Dimanakah hati nurani

Ketika berbicara kelapangan, ditengah  kesempitan orang lain…

Dimanakah hati nurani

Ketika berbicara kemudahan. ditengah kesulitan orang lain..

Dimanakah hati nurani

Ketika berbicara keindahahan, ditengah kesuraman orang lain…

Dimanakah hati nurani

Ketika berbicara kekayaan, ditengah kemiskinan orang lain…

Dimanakah hati nurani

Ketika berbicara kemakmuran, ditengah keterpurukan orang lain…

  1. Pasar bebas akan segera mulai, seluruh produk baik barang maupun jasa akan bebas masuk ke negara-negara peserta. Tuliskan pendapat Anda berkaitan dengan peran bahasa Indonesia di era tersebut. Apakah warga asing wajib mampu berbahasa Indonesia ketika mereka berbisnis di Indonesia atau sebaliknya, warga Indonesia harus mampu berbahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan mereka di negara kita sendiri? Berikan alasan atas jawaban Anda.

Jawab: Dengan diadakannya perdagangan bebas antar negara ASEAN, maka akan terjadi berbagai pertukaran barang, pekerja, budaya dan bahkan pertukaran bahasa. Bahasa merupakan identitas sebuah bangsa dan negara. Apabila suatu negara mampu menjaga eksistensi bahasanya dengan baik, maka bahasa dari negara tersebut akan tetap lestari, bahkan bisa berkembang menjadi bahasa yang dikenal dan dipakai di beberapa negara sekitarnya.

Dalam era globalisasi kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya bangga dan menjunjung tinggi bahasa persatuan kita, yaitu bahasa Indonesia. Jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan di masyarakatkan. Hal ini diperlukan agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh budaya asing dari negara lain ke Indonesia yang bisa merusak bahasa Indonesia. Globalisasi telah menjadi fenomena yang tidak bisa dihindarkan dalam dunia bisnis. Dalam konteks bisnis, globalisasi dikaitkan dengan proses internasionalisasi produksi, perdagangan, dan pasar uang. Globalisasi dalam pengertian ini merupakan suatu proses yang berada di luar jangkauan kontrol pemerintah, karena proses tersebut terutama digerakkan oleh kekuatan pasar global dan bukan oleh sebuah pemerintahan secara individu (Kohr, 2003: 1) perlu suatu media komunikasi yang dapat dimengerti setiap individu yg terlibat dalam globalisasi ini yaitu bahasa inggris.jadi berdasarkan penjelasan diatas maka walaupun kita tuan rumah kita tetap harus menggunakan bahasa inggris karna akibat interaksi antar negara tadi, tetapi pihak tamu juga seharusnya bisa menggunakan bahasa indonesia untuk menghargai dan mempermudah komunikasi antar kedua belah pihak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s