Agama islam

diskusi 3

1.civil society merupakan konsep yang berasal dari pergolakan politik dan sejarah masyarakat eropa barat yang mengalami proses transformasi dari pola kehidupan  feodal menuju kehidupan masyarakat industri kapitalis.konsep ini lahir pertama kali sejak zaman yunani kuno.jika dicari akar sejarahnya dari awal maka perkembangan wacana civil society dapat diruntut dari masa Aristoteles.pada masa ini (Aristoteles,384-322 SM)civil society dipahami sebagai sistem kenegaraan dengan menggunakan istilah Koinoniah politike,yakni sebuah komunitas politik.istilah ini juga dipergunakan untuk menggambarkan suatu masyarakat politik dan etis dimana warga negara didalamnya berkedudukan sama didepan hukum.

sedangkan masyarakat madani merujuk pada masyarakat madinah yang dibangun oleh Nabi muhammad dimadinah.madinah itu sendiri adalah bahasa arab yang memiliki pengertian yang sama  dengan bahasa Ibrani.meskipun memiliki makna dan sejarah sendiri tetapi keduannya,civil cociety dan msyarakat madani merujuk pada semangat yang sama sebagai sebuah masyarakat yang adil,terbuka,demokratis,sejahtera,dengan kesadaran ketuhanan yang tinggi yang diimplementasikan dalam kehidupan sosial.

2.Pncasila melalui semboyan Bhinika Tunggal Ika (berbeda beda tetapi tetap satu jua)mengandung makna bahwa meskipun masyarakat Indonesia sangat plural baik dari segi agama,suku bangsa,bahasa dan sebagainya tetapi mereka diikat dan disatukan oleh sebuah landasan hidup bersama (common platform)yakni pancasila.piagam madinah juga merupakan rumusan tentang prinsip -prinsip kesepakatan antar kaum muslim madinah dibawah pimpinan Nabi SAW dengan berbagai kelompok non-muslim untuk membangun tatanan sosial politik bersama.

3.Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan.hak asasi dapat dirumuskan sebagai hak yang melekat dengan kodrat kita sebagai manusia yang bila tidak ada hak tersebut ,mustahil kita bisa hidup sebagai manusia hak asasi diperoleh manusia dari penciptanya,yaitu Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan hak yang tidak dapat diabaikan.

Sebelum memberikan tanggapan, silahkan anda membaca kembali BMP (Buku Materi Pokok)
Pendidikan Agama Islam Modul 4.

Kemudian, berilah tanggapan pada pertanyaan berikut :

  1. Jelaskan dengan rinci tentang pengertian hukum secara leksikologis (kamus) dan apa yang dimaksud dengan hukum Allah (Syari’at)?
  2. Hukum Islam secara garis besar dibagi ke dalam beberapa bagian, sebutkan dan jelaskan.
  3. Hukum islam dibangun di atas beberapa prinsip, sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip tersebut!
  4. Jelaskan pengertian sunnah atau hadits baik secara etimologis maupun secara istilah dan ada berapa bentuk sunnah?
  5. Jelaskan urgensi sunnah Nabi Muhammad SAW dalam hukum islam!
  6. Sunnah Nabi Muhammad SAW mempunyai posisi yang strategis terhadap Alqur-an, jelaskan apa yang dimaksud pernyataan tersebut?

diskusi 4

1.pengertian hukum secara leksikologis belum ada kesepahaman dalam mengartikan hukum namun secara umum pengertian hukum setidaknya mengandung  beberapa unsur sebagai berikut:

– hukum mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat peraturan berisikan perintah dan larangan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.hal ini dimaksudkan untuk mengatur prilaku manusia agar tidak bersinggungan dan merugikan kepentingan umum.

– peratuan hukum ditetapkan oleh lembaga atau badan yang berwenang untuk itu .peraturan hukum tidak dibuat oleh setiap orang melainkan oleh lembaga atau badan yang memiliki kewenangan untuk menetapkan suatu aturan yang bersifat mengikat bagi masyarakat luas.

–  penegakan aturan  hukum bersifat memaksa.peraturan hukum dibuat bukan untuk dilanggar namun untuk dipatuhi.untuk menegakannya diatur pula menganai aparat yang berwenang untuk mengawasi dan menegakkannya sekalipun dengan tindakan yang represif.meski demikian terdapat pula norma hukum yang bersifat  fakultatif/melengkapi.

– hukum memiliki sanksi dan setiap pelanggaran atau perbuatan melawan hukum akan dikenakan sanksi yang tegas.sanksi juga diatur dalam peraturan hukum.

sedangkan yang dimaksud dengan hukum syari’at adalah menurut para ulama seperangkat aturan yang berasal dari pembuat syari’at (ALLAH SWT)yang berhubungan dengan perbuatan manusia yang menuntut agar dilakukan suatu perintah atau ditinggalkan suatu larangan atau yang memberikan pilihan antara mengerjakan atau meninggalkan.

2.secara garis besar hukum islam dibagi menjadi 5 bagian yaitu:

–  WAJIB yaitu suatu perbuatan yang apabila dikerjakan oleh seseorang maka orang yang mengerjakan akan mendapat pahala dan apabila perbuatan itu ditinggalkan maka akan mendapat siksa.

–   SUNNAH (mandub)yaitu perbuatan yang apabila dikerjakan maka orang tersebut akan mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan maka orang yang meninggalkan tersebut tidak mendapat siksa.

–  HARAM yaitu segala perbuatan yang apabila perbuatan itu ditinggalkan akan mendapatkan pahala sementara apabila dikerjakan maka orang tersebut akan mendapat siksa.

– MAKRUH yaitu suatu perbuatan disebut makruh apabila perbuatan tersebut ditinggalkan maka orang yang meninggalkan mendapat pahala dan apabila dikerjakan maka orang tersebut tidak mendapat siksa.

– MUBAH yaitu suatu perbuatan yang apabila dikerjakan orang yang mengerjaka tidak mendapat pahala dan aabila ditinggalkan tidak berdosa.

3.secara garis besar prinsip hukum islam ada tujuh macam yaitu

– prinsip pertama TAUHID prinsip ini menjelaskan bahwa seluruh manusia ada dibawah ketetapa yang sama sebagai hamba ALLAH SWT.

– prinsip kedua KEADILAN mengandung pengertian bahwa hukum islam yang mengatur persoalan manusia dari berbagai aspeknya harus dilandaskan kepada prinsip keadilan yang meliputi hubungan antara individu dengan dirinya sendiri.individu dengan manusia dan masyarakatnya serta hubungan antara individu dengan lingkungannya.

– prinsip ketiga AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR suatu perintah untuk mengajak atau menganjurkan hal hal yang baik dan mencegah hal hal yang buruk.

– prinsip keempat KEMERDEKAAN DAN KEBEBASAN prinsip ini mengandung maksud bahwa hukum islam tidak diterapkan berdasarkan paksaan,akan tetapi berdasarkan penjelasan yang baik dan argumentatif,yang dapat meyakinkan.

-prinsip kelima PERSAMAAN yang mengandung arti bahwa pada dasarnya semua manusia adalah sama meskipun faktanya berbeda dalam lahiriyahnya baik warna kulit,bahasa suku dan lain lain.kesamaan tersebut terutama dalam hal nilai kemanusiaannya.hukum islam memandang perbedaan secara lahiriyah tidak menjadikan manusia berbeda dari segi nilai kemanusiaannya.

-prinsip keenam TOLONG-MENOLONG prinsip ini mengajarkan bahwa sesama warga masyarakat harus saling menolong demi tercapainya kemaslahatan bersama.

– prinsip ketujuh TOLERANSI mengajarkan bahwa hukum islam mengharuskan kepada umatnya untuk hidup penuh dengan suasana damai dan toleran.toleransi ini harus menjamin tidak dilanggarnya hukum islam dan hak umat islam.

4.secara etimologis sunnah diartikan sebagai perjalanan.cara hidup atau tradisi yang baik maupun yang buruk.sementara menurut istilah yang disebut dengan sunnah adalah segala sesuatu yang berasal dari nabi muhammad SAW selain  al-quran baik berupa perkataan ,perbuatan maupun ketetapan yang layak menjadi sumber hukum syari’at.

hadits kata hadits secara etimologi (bahasa) berarti al-jadid (baru,antonim kata qadim)al-khabar berarti berita dan al-qarib (dekat)sedangkan secara terminologi hadits adalah segala ucapan perbuatan ketetapan dan karakter nabi muhammad SAW setelah beliau diangkat menjadi nabi.

bentuk sunnah

sunnah qawliyah yaitu sunnah nabi yang hanya berupa ucapannya saja baik dalam bentuk ,pernyataan,anjuran perintah cegahan maupun larangan.yang dimaksud dengan pernyataan nabi adalah sabda nabi dalam merespon keadaan yang berlaku pada masalalu,masa kininya dan masa depannya,kadang-kadang dalam bentuk dialog dengan  para sahabat atau jawaban yang diajukan oleh sahabat dalam bentuk-bentuk ain seperti khutbah.

sunnah fi’liyah yaitu sunnah nabi yang berupa perbuatan nabi yang diberitakan oleh para sahabat mengenai soal-soal ibadah dan lain-lain seperti melaksanakan shalat manasik haji dan lain-lain.

sunnah taqririyah yaitu sunnah nabi yang berupa penetapan nabi terhadap perbuatan para sahabat yang diketahui nabi tidak menegurnya atau melarangnya bahkan nabi cenderung mendiamkannya.

5.urgensi sunnah nabi muhammad SAW ditegaskan dalam beberapa argumen diantaranya adalah

IMAN ,salah satu konsekuensi beriman kepada ALLAH SWT adalah menerima segala sesuatu yang bersumber dari para utusan-NYA (khususnya nabi muhammad SAW)

AL-QUR’AN ,didalam al-quran banyak ayat yang menjelaskan kewajiban taat kepada Rasulullah SAW,diantara argumen tentang posisi sunnah sebagai sumber hukum dalam islam dijelaskan sendiri oleh nabi muhammad SAW,dalam beberapa hadistnya.

diantara argumen tentang posisi sunnah sebagai sumber hukum islam adalah berdasarkan konsensus umat islam.

Al-Qur’an yang berisi petunjuk dari Allah SWT secara umum masih bersifat global,sehingga perlu ada penjelasan,sekirannya tidak ada hadits nabi SAW maka ajaran Al-Qur’an tidak dapat dilaksanakan secara baik.

6.posisi sunnah nabi SAW terhadap Al-Qur’an sangat strategis diantaranya adalah untuk menguatkan hukum yang terdapat dalam Al-Qur’an,menjelaskan apa yang masih global dalam Al-Quran,bahkan menetapkan hukum secara mandiri yang tidak terkait langsung dengan Al-Qur’an.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s