diskusi 1 ppkn

diskusi 1

Menurut pendapat saya,sudah seharusnya bangsa kita belajar dari kesalahan kesalahan dimasa lalu dan melakukan perbaikan agar kedepannya lebih maju.pelaku korupsi dinegeri ini sudah seharusnya dijatuhi hukuman mati,supaya bangsa ini terbebas dari kemelaratan yang berlarut larut.saya sangat setuju apabila para koruptor divonis hukuman mati karena filosofi hukuman mati agar orang lain tidak melakukan kejahatan yang sama bukan upaya balas dendam karena berdasarkan atas hukum yang berlaku.

Dari sisi positifnya dengan adanya hukuman mati jelas akan mengurangi jumlah koruptor dan sisi negatifnya jika hukuman mati tidak diberlakukan tentu akan menambah jumlah para koruptor.

diskusi 2

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan pancasila dan UUD 1945.dalam pelaksanaannya,wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Indonesia adalah sebuah negara dengan sumber daya alam yang melimpah.menurut pendapat saya tentu ini menyalahi implementasi wawasan nusantara dalam bidang ekonomi jika sumber daya itu dikelola oleh negara lain.negara kita hanya mendapat bagian yang sangat sedikit,disisi lain korupsi yang semakin menjadi trend dan sumber daya kita sendiri dikeruk terus menerus oleh orang asing.wajarlah jika banyak pemberontakan terjadi diindonesia tercinta ini.orang asing tidak hanya akan mengendalikan ekonomi tetapi akan mengendalikan semuanya.kembalikan bumi,air,udara dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya untuk kemakmuran rakyat sesuai amanat pasal 33 UUD 1945.

diskusi 3

1.unsur parpol saja tidak dapat mendukung sinerginya ketahanan nasional,karena konsep dasar ketahanan nasional dalam dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara meliputi atau melalui delapan aspek yaitu:

-TRI GATRA  (gatra alamiah) terdiri dari gatra geografi,gatra kekayaan alam,dan gatra kependudukan.

-PANCA GATRA (gatra sosial)terdiri gatra ideologi,gatra politik,gatra ekonomi,gatra sosial budaya,gatra pertuhanan dan keamanan.yang kesemuanya harus berjalan sinergis dan berkesinmabungan.

2.jika dianalisis dari ukuran strength,weakness,opportunity dan threat (SWOT)kondisi ketahanan NKRI belum berada pada kondisi prima,SWOT adalah metode perencanaan setrategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan/strength,kelemahan/weakness,peluang/opportunity,dan ancaman/threat.ketahanan nasional sendiri pada hakikatnya adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara.dan pada era globalisasi saat ini,justru ketahanan nasional semakin lama semakin melemah disebabkan oleh banyak faktor.masuknya ideologi trans nasional maraknya libralisme,ketergantungan dalam teknologi serbuan informasi dan multimedia serta kejahatan nasional.

3.rekomendasi saya supaya ketahanan nasional semakin sinergi dan kuat adalah supaya masing-masing individu dalam bertindak,berbicara dan bertingkah laku dalam kehidupan sebagai individual bermasyatakat berbangsa dan bernegara selalu berlandaskan pancasila,UUD 1945, dan wawasan nusantara.selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

4.supaya ketahanan nasional budaya kita bisa kuat harus adanya

-pembekalan mental spiritual dikalangan masyarakat agar dapat menangkal pengaruh-pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma-norma kehidupan bangsa indonesia.

-upaya peningkatan perasaan cinta tanah air (patriotisme) melalui pemahaman dan penghayatan (bukan sekedar penghafalan nilai-nilai kebudayaan bangsa.

-pengawasan yang ketat terhadap eksploitasi sumber daya alam nasional termasuk kekayaan budaya nasional indonesia

-meningkatkan peran pemerintah dalam melindungi kebudayaan nusantara dengan cara membuat perlindungan hukum terhadap hasil-hasil  kebudayaan indonesia dengan mendaftarkan hak paten untuk setiap hasil budaya nusantara agar tidak diklaim oleh bangsa lain.

-kegiatan-kegiatan lain yang bersifat kecintaan terhadap tanah air serta menanamkan semangat juang untuk membela negara,bangsa dan tanah air serta mempertahankan pancasila sebagai ideologi negara dan UUD 1945 sebagai landasan berbangsa dan bernegara.

-memberi apresiasi kepada masyarakat yang berusaha mengembangkan kebudayaan asli masyarakatnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s