jawaban diskusi tuton bahasa indosnesia

me

Bahasa indonesia lahir pada tanggal 28 oktober 1928.Bahasa indonesia adalah bahasa melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi republik indonesia dan bahasa persatuan bangsa indonesia.bahasa indonesia diresmikan penggunannya setelah proklamasi kemerdekaan indonesia.bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.

kedudukan dan fungsi bahasa indonesia secara konstitusional sebagai bahasa negara.dan peran ganda yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.tanpa peran bahasa serupa itu ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak akan berkembang.implikasinya didalam pengembnagan daya nalar,menjadikan bahasa sebagai prasarana berfikir modern.oleh karena itu,jika cermat dalam menggunaan bahasa,kita akan cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar(pikiran).

Diskusi 4

 

me

Perbandingan karya ilmiah dengan karya ilmiah popular yaitu terletak pada bahasa penyampaian yang digunakan.karya tulis ilmiah ditampilkan dalam bahasa baku dan sangat terikat dengan kaidah bahasa indonesia resmi.sementara karya ilmiah populer ditampilkan dengan bahasa yang lebih luwes,serta dapat dipahami oleh masyarakat umum.

Dari segi topik bahasan,tulisan ilmiah populer cenderung membahas permasalahan yang berkaitan dengan masyarakat  disekitarnya.berbeda dengan karya tulis ilmiah yang lebih sering berkutat dalam bidang ilmiah yang jauh dari jangkauan masyarakat awam.

sarana untuk mempublikasikan karya ini hampir tidak ada yang berdiri sendiri secara utuh.biasanya dalam suatu media masa,karya ini dipadukan dengan karya tulis non ilmiah .karya ilmiah populer dapat kita jumpai pada majalah,koran,atau tabloid.

 

 

diskusi 2

 

me

Pengertian Novel adalah sebuah cerita yang ditulis oleh pengarang dalam bentuk prosa panjang.setiap karangan novel pasti memiliki tema yang mendasari isi novel tersebut.didalam novel ada sebuah cerita yang berkesinambungan dari waktu kewaktu yang menggambarkan suatu kejadian.

Ciri-ciri novel antara lain:

– Novel memiliki alur atau jalan cerita yang kompleks,yang menggambarkan serangkaian cerita panjang yang saling berkaitan,sehingga pembahasan cerita peristiwa tersebut dapat digambarkan secara detail dan mendalam,novel memiliki tema yang mendasari perbuatan novel.

– tema dalam sebuah novel dapat terdiri dari beberapa tema,sehingga pembahasan dalam novel dapat dengan luas sekali,novel pasti mempunyai tokoh yang memainkan peristiwa dalam sebuah novel,melibatkan banyak tokoh atau karakter serta digambarkan secara detail.

Novel terdiri dari dua unsur yaitu:

  1. unsur intrinsik merupakan unsur pembangun novel secara langsung,yang berhubungan dengan cerita didalam novel,misalnya tema,alur,tokoh,sudut pandang,latar,gaya bahasa,amanat.
  2. unsur ekstrinsik merupakan unsur yang tidak berhubungan dengan cerita didalam novel namun unsur ini berpengaruh dalam membuat novel misalnya,latar belakang budaya penulis,pendidikan penulis dan pengalaman penulis.

Pengertian cerpen

cerpen adalah singkatan dari cerita pendek.cerpen adalah sebuah cerita singkat yang dibuat oleh pengarang,biasanya kata-kata dalam sebuah cerpen tidak melebihi 10.000 kata.cerita dalam cerpen biasanya terpusat pada satu peristiwa.

Ciri-ciri cerpen adalah ceritanya yang memiliki alur pendek lebih pendek dari pada novel,pembahasan cerita dalam cerpen biasanya tidak sedetail novel.isi cerita dalam cerpen biasanya berhubungan dengan peristiwa yang dialami sehari-hari,serta umum terjadi.pemakaian dalam cerpen sangat sederhana sekali.namun meninggalkan kesan yang mendalam.alur cerita yang dituangkan dalam sebuah cerpen biasanya lurus kedepan karena tidak membutuhkan kedetailan kejadian.

 

terimakasih.

referensi :www.informasi-pendidikan.com

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s