Logika

inisiasi 2

Pada minggu 2 kita perlu mendiskusikan tentang:
1. Apa hubungan ide, konsep dan term dengan prinsip dasar penalaran?

  1. Apa empat prinsip dasar penalaran yang dapat membuat sesatpikir?

Selamat berpartisipasi dan berdiskusi!

jawaban

1. Hasil tangkapan akal manusia mengenai suatu objek, baik material maupun nonmaterial disebut ide atau konsep. Dasar penalaran pada umumnya adalah konsep atau ide atau sering juga disebut dengan pengertian, tanpa ada konsep atau ide tidak dapat diadakan penalaran. konsep atau ide diungkapkan dalam bentuk bahasa disebut dengan istilah term. term sebagai ungkapan jika terdiri atas satu kata atau satu istilah maka term itu dinamakan term sederhana atau term simpel dan jika terdiri atas beberapa kata maka term itu dinamakan term komposit atau term kompleks.setiap term mempunyai konotasi atau isi. jadi ide dan konsep dalam logika adalah sama artinya. konsep atau ide atau juga pengertian adalah bersifat kerohanian dan dapat diungkapkan kedalam bentuk kata atau istilah atau juga beberapa kata. Ungkapan pengertian dalam bentuk kata atau istilah disebut dengan term.

2. Empat prinsip dasar penalaran yang dapat membuat sesatpikir yaitu:

Р Prinsip Identitas

– Prinsip Nonkontradiksi

– Prinsip Eksklusi Tertii

– Prinsip Cukup Alasan

Kesesatan berpikir atau sesatpikir adalah kekeliruan dalam penalaran berupa pembuatan kesimpulan dengan langkah-langkah yang tidak sah karena melanggar kaidah-kaidah logika maupun berupa perbincangan yang bercorak menyesatkan karena sengaja atau tidak sengaja memasukan hal-hal yang membuat kesimpulannya tidak sah.

 

Referensi:

Noor Muhsin Bakry

Sonjoruri Budiani Trisakti

Buku materi pokok, Logika.

 

  1. Ide dan konsep dalam logika adalah sama artinya. Konsep atau ide atau juga pengertian adalah bersifat kerohanian dan dapat diungkapkan kedalam bentuk kata atau istilah atau juga beberapa kata. Ungkapan pengertian dalam bentuk kata atau istilah disebut dengan term.
  2. 4 prinsip penalaran yang membuat sesat pikir
  • prinsip identitas menyatakan,sesuatu hal adalah sama dengan hal sendirinya
  • prinsip nonkontradiksi menyatakan, sesuatu tidak mungkin merupakan hal tertentu dan bukan hal tertentu dalam suatu kesatuan. prinsip ini menyatakan juga bahwa dua sifat yang berlawanan penuh (secara mutlak) tidak mungkin ada pada suatu benda dalam waktu dan tempat yang sama.
  • prinsip eksklusi tertii menyatakan, sesuatu jika dinyatakan sebagai hal tertentu atau bukan hal tertentu maka tidak ada kemungkinan ketiga yang merupakan jalan tengah
  • prinsip cukup alasan menyatakan, sesuatu perubahan yangb terjadi pada sesuatu hal tertentu mestilah berdasarkan alasan yang cukup,tidak mungkin tiba-tiba berubah tanpa sebab-sebab yang mencukupi.

1. Ide , konsep dan term merupakan dasar-dasar penalaran logis , logika dapat dpahami secara definitif adalah sistem penalaran tentang penyimpulan yang sah . Sebagai sistem penalaran , logika tentunya memiliki kaidah-kaidah hukum yang harus dipatuhi dan diakui sebagai legitimasi dan komitmen berpikir . Kaidah yang diakui disebut prinsip penalaran .

2. 4 Prinsip penalaran :

– Prinsip identitas : Allah adalah pencipta

– Prinsip nonkontradiksi : Konfilik disebabkan oleh tiada dialog di dalam perbedaan

– Prinsip eksklusi terturi : Konflik agama , karena konflik antarumat beragama

– Prinsip Cukup Alasan : Allah adalah Tuhan yang menciptakan alam semesta dan isinya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s